Thursday, October 11, 2012

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ternak Ruminansia Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ternak Ruminansia


Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ternak Ruminansia

)
Pembangunan Peternakan sebagai bagian dari pembangunan pertanian bertujuan mencukupi kebutuhan pangan yang bergizi, meningkatkan pendapatan petani dan penyediaan lapangan kerja melalui peningkatan populasi dan produksi hasil ternak, khususnya ruminansia. Salah satu hambatan dalam upaya peningkatan produktivitas ternak ruminansia adalah penyakit. Hal tersebut tentunya berpengaruh langsung terhadap kehidupan ternak. Penyakit tersebut juga menimbulkan kerugian secara ekonomi. Bahkan, selain merusak kehidupan ternak juga dapat menular kepada manusia.
Para peneliti Balai Besar Penelitian Veteriner (BBalitvet) telah menghasilkan beberapa vaksin untuk pencegahan dan pengobatan penyakit ternak ruminansia. Vaksin-vaksin tersebut, diantaranya, untuk penyakit ngorok, penyakit infeksius bakterial pada anak sapi, penyakit blackleg bivalen untuk sapi, kerbau, kambing dan domba. Disamping itu telah ditemukan pula antigen untuk pencegahan penyakit reproduksi menular pada sapi yang disebabkan oleh bakteri Bruccela abortus juga telah ditemukan. Penyakit ini dapat menular pada manusia.
Bagi anda yang memiliki usaha penggemukan sapi maupun domba yang lokasinya jauh dari fasilitas kesehatan hewan, perlu memiliki teknologi PPD Tuberkulin dan Strip Kertas Saring, hasil penelitian BBalitvet ini. Teknologi PPD Tuberkulin ini membantu para peternak untuk mendiagnosa penyakit tuberkulosis pada sapi secara tepat sehingga dapat mengambil langkah-langkah pengobatan secara dini.
Sementara Strip Kertas Saring adalah perangkat pengambilan sampel yang sekaligus sebagai media transpor sampel darah untuk diagnosa penyakit pada ternak. Keuntungannya lebih ekonomis dan praktis dibandingkan dengan tabung koleksi darah, karena dapat dikirim melalui pos udara dan mudah diterapkan oleh peternak di lapangan tanpa menggunakan pelatihan khusus.
Informasi di bawah ini dapat dijadikan referensi dalam upaya menambah pengetahuan maupun mendukung bisnis peternakan anda.

Sumber : BBalitvet

No comments:

Post a Comment